Friday, April 29, 2016

Rendeman Gula Ditarget 8,5%, Disbun Jatim: Bukan Hal yang Sulit

27 April 2016 16:53 WIB

SURABAYA, JITUNEWS.COM- Pemerintah menargetkan adanya peningkatan rendemen gula (kadar kandungan gula didalam batang tebu) di Jawa Timur (Jatim) tahun ini (2016) mencapai 8,5 persen. Namun, target tersebut bagi Jatim tak menjadi kendala besar, mengingat setiap tahunnya rendemen gula di Jatim terus menunjukkan peningkatan.
"Bu Menteri BUMN beberapa waktu lalu minta agar PTPN di Jatim melalui setiap pabrik gulanya terus meningkatkan rendemen gula hingga 8,5 persen. Bagi kami itu mudah, karena setiap pabrik gula naik terus rendemennya," ungkap Kepala Dinas Perkebunan Jatim, Samsul Arifien, Rabu (27/4), saat ditemui di kantornya, Surabaya.
Samsul juga mengatakan, dalam Perda rendemen Jatim yaitu Perda No. 10 tahun 2010, target peningkatan rendemen mencapai 10 persen. "Target dari Bu Menteri ini berarti kurang dari target perda. Jadi, ya saya yakin setiap pabrik gula di Jatim bisa memenuhinya bahkan lebih," katanya.
Terkait dengan tingkat rendeman yang telah dicapai, Samsul menyebut, tahun 2015 rendemen di PTPN X mencapai 8,4 persen, PTPN XI mencapai 8,04 persen, dan Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mencapai 9,5 persen.
"Tahun lalu saja sudah kurang sedikit memenuhi target. Jadi, tentunya tahun ini bisa melebihi sehingga tak perlu khawatir untuk itu," pungkas pria yang juga merupakan calon bupati Tulungagung ini.




Sumber:
http://www.jitunews.com/read/37343/rendeman-gula-ditarget-8-5-disbun-jatim-bukan-hal-yang-sulit


Penulis:Ari Setiawan (KR), Christophorus Aji Saputro



No comments: